BOLEHNYA BERTELENTANG ATAS TENGKUK LEHER, JUGA MELETAKKAN SALAH SATU DARI KEDUA KAKI

BOLEHNYA BERTELENTANG ATAS TENGKUK LEHER, JUGA
MELETAKKAN SALAH SATU DARI KEDUA KAKI JIKALAU TIDAK
DIKHUATIRKAN TERBUKANYA AURAT DAN BOLEHNYA DUDUK DENGAN BERSILA
DAN DUDUK IHTIBA' — YAKNI DUDUK BERJONGKOK SAMBIL MEMBELITKAN SESUATU
DARI PINGGANG KE LUTUT ATAU TANGANNYA MERANGKUI LUTUT

817. Dari Abdullah bin Zaid r.a. bahwasanya ia melihat Rasulullah s.a.w.
bertelentang di masjid sambil meletakkan salah satu dari kedua kakinya di atas
kaki yang lain." (Muttafaq 'alaih)
818. Dari Jabir bin Samurah radhiallahu 'anhuma, katanya: "Nabi s.a.w. itu
apabila telah bersembahyang fajar - yakni shalat subuh - lalu beliau duduk
bersila di tempat duduknya sehingga terbitnya matahari yang putih indah sinarnya."
Hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan lain-lainnya
dengan beberapa isnad yang shahih
819. Dari Ibnu Umar radhiallahu 'anhuma, katanya: "Saya melihat
Rasulullah s.a.w. ada di halaman Ka'bah sambil duduk ihtiba' - pantat di tanah
dan kedua betis ditegakkan - dengan kedua tangannya - yakni dengan
merangkulkan kedua tangannya pada lutut, demikian." Ibnu Umar menjelaskan
dengan kedua tangannya cara duduk ihtiba' Nabi s.a.w. yaitu semacam
berjongkok. (Riwayat Bukhari)
820. Dari Qailah binti Makhramah radhiallahu 'anha, katanya: Saya
melihat Nabi s.a.w. dan beliau sedang duduk berjongkok.Setelah saya melihat
Rasulullah s.a.w. yang amat tenang dalam duduknya itu, lalu saya berdebar-
debar karena ketakutan - kalau-kalau ada sesuatu yang terjadi." (Riwayat Abu
Dawud dan Tirmidzi.
821. Dari as-Syirrid bin Suwaid r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. berjalan
melalui saya dan saya sedang duduk demikian, yaitu saya meletakkan tangan
saya sebelah kiri di belakang punggungku dan saya bersandar pada ujung
tanganku, lalu beliau s.a.w. bersabda: "Adakah engkau ini duduk sebagaimana
duduknya orang-orang yang dimarahi - yakni cara duduknya orang Yahudi?"
(Riwayat Abu Dawud dengan isnad shahih)