Sunnahnya Berpuasa Pada Hari Senin Dan Kemis

1252. Dari Abu Qatadah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w. ditanya perihal
berpuasa pada hari Senin, lalu beliau s.a.w. bersabda:
"Itu adalah hari yang saya dilahirkan di dalamnya dan hari yang saya
diangkat sebagai Rasul atau hari yang pada saya diturunkan al-Quran."
(Riwayat Muslim)

1253. Dari Abu Hurairah r.a. dari Rasulullah s.a.w. katanya: "Ditunjukkanlah
amalan-amalan itu - oleh para malaikat kepada Allah Ta'ala - pada hari Senin
dan Kemis, maka saya senang jikalau amalanku itu ditunjukkan, sedang saya
dalam keadaan berpuasa." Diriwayatkan oleh Imam Termidzi dan ia
mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan, Hadis ini diriwayatkan pula oleh
Imam Muslim, tanpa menyebutkan berpuasa
1254. Dari Aisyah radhiallahu 'anha, katanya: "Rasulullah s.a.w. berusaha
keras untuk berpuasa pada hari Senin dan Kemis - karena besarnya keutamaan
yang terdapat di dalamnya."

Diriwayatkan oleh Imam Termidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan.