Adab-adab Kesopanan Perjalanan, Turun, Menginap Dan Tidur Dalam Bepergian

Adab-adab Kesopanan Perjalanan, Turun, Menginap Dan Tidur Dalam Bepergian, Juga Sunnahnya Berjalan Malam, Belas-kasihan Pada Binatang-binatang Menjaga Kemaslahatan-kemaslahatan Binatang-binatang Tadi Serta Menyuruh Orang Yang Teledor Membehkan Hak Binatang-binatang Tadi Supaya Memberikan Haknya Dan Bolebnya Naik Di Belakang Di Atas Binatang Kendaraan, Jikalau Binatang itu Kuat Dinaiki — Sampai Dua Orang

959. Dari Abu Hurairah r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda:
"Jikalau engkau semua bepergian melalui tempat yang subur, maka
berikanlah pada unta itu akan haknya dari bumi - yakni berikanlah ia
kesempatan makan secukupnya. Tetapi jikalau engkau semua bepergian melalui
tempat yang tandus, maka percepatkanlah binatang-binatang itu untuk segera
dapat sampai di tempat tujuan-nya sebelum kehabisan sumsumnya - yakni
sebelum kehabisan tenaga karena sukarnya perjalanan.

Jikalau engkau semua bermalam di jalanan, maka jauhilah menempati
tempat lalu lintas, sebab tempat-tempat itu memang untuk jalannya segala
macam binatang dan juga tempat tinggalnya binatang-binatang yang merayap
di waktu malam." (Riwayat Muslim)
Makna A'thul ibila hazhzhaha minal ardhi ialah belas kasihani-unta itu dalam
perjalanannya supaya dapat pula sambil makan-makan di kala melakukan
perjalanannya. Sabdanya niqyaha, dengan kasrahnya nun dan sukunnya qaf dan
dengan ya' mutsannat di bawah - titik dua di bawah - artinya ialah
sumsum. Adapun maksudnya ialah: "Percepatkanlah berjalan dengan
binatang itu sehingga segera sampai di tempat yang dituju sebelum lenyap
Sumsumnya - yakni sebelum kehabisan tenaga - karena sukarnya perjalanan
yang ditempuh. Adapun Atta'ris artinya ialah turun mengjnap di waktu malam.

960. Dari Abu Qatadah r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. itu apabila
bepergian lalu menginap di waktu malam, beliau s.a.w. berbaring pada sebelah
kanan tubuhnya dan jikalau tidur sebelum hampir waktu subuh, maka beliau
s.a.w. menegakkan lengan tangan dan meletakkan kepalanya di atas tapak
tangannya itu." (Riwayat Muslim)
Para alim ulama berkata: "Hanyasanya beliau s.a.w. itu menegakkan lengan
tangannya tadi agar supaya tidak tenggelam dalam tidurnya - yakni terlampau
nyenyak - sehingga akan terlambat bangun untuk shalat subuh melewati
waktunya atau melewati permulaan waktunya."


961. Dari Anas r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Hendaklah engkau
semua bepergian di waktu malam, sebab sesungguhnya bumi itu dilipat di
waktu malam itu." Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dengan isnad hasan.
Adduljah ialah berjalan di waktu malam.

962. Dari Abu Tsa'labah r.a., katanya: "Orang-orang itu apabila turun di
suatu ternpat berhenti, mereka suka berpisah-pisah di lereng-lereng dan
lembah-lembah. Kemudian Rasulullah s.a.w. bersabda:
"Sesungguhnya berpisah-pisahmu di lereng-lereng dan lembah-lembah ini,
hanyasanya itu adalah dari cara yang dilakukan syaitan.
Maka tidak lagi sesudah itu mereka turun berhenti di sesuatu tempat
melainkan yang sebagian berkumpul dengan sebagian yang 'lain.
Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dengan isnad hasan.
963. Dari Sahl bin 'Amr, ada yang mengatakan Sahl bin ar-Rabi'
'Amral-Anshari yang terkenal dengan nama Ibnul Hanzaliyah. la adalah
golongan orang-orang yang ikut menyertai Bai'atur Ridhwan r.a., katanya:
"Rasulullah s.a.w. berjalan melalui seekor unta yang punggungnya telah
menempel dengan perutnya-yakni sudah lelah dan tampak lapar serta kurus
sekali, lalu beliau s.a.w. bersabda:
"Takutlah engkau semua kepada Allah dalam memelihara binatang-
binatang yang bisu ini. Naikilah ia dengan baik-baik dan makanlah ia dengan
baik-baik pula."
Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dengan isnad shahih.
964. Dari Abu Ja'far yaitu Abdullah bin Ja'far radhiallahu 'anhuma,
katanya: "Saya dinaikkan oleh Rasulullah s.a.w. di belakangnya - di atas
punggung seekor binatang kendaraan - pada suatu hari dan beliau
memberitahukan sesuatu pembicaraan kepada saya secara rahasia yang tidak
akan saya beritahukan kepada siapapun juga di antara seluruh manusia ini.
Sesuatu yang paling disenangi oleh Rasulullah s.a.w. untuk dijadikan sebagai
tabirnya di waktu membuang hajatnya ialah sesuatu yang tinggi-tanah
ataupun pasir - juga kumpulan pohon kurma yang rimbun. ]adi semacam
dinding yang terdiri dari pohon-pohon kurma."
Diriwayatkan oleh Imam Muslim demikian ini secara ikhtisar.
Al-Barqani menambahkan di situ, dengan isnad Imam Muslim
sebagaimana yang di belakang ini sesudah ucapannya kumpulan pohon-pohon
kurma: "Lalu beliau s.a.w. memasuki dinding milik seorang lelaki dari
golongan sahabat Anshar, tiba-tiba di situ ada seekor unta. Setelah Rasulullah
s.a.w, melihatnya, maka unta itupun meringik - atau merintih - dan kedua
matanya melelehkan airmata. la lalu didatangi oleh Nabi s.a.w. kemudian
diusaplah puncak punggungnya -yakni punuknya -dan pula tengkuknya-
yang dekat telinganya, selanjutnya unta itupun berdiamlah. Setelah itu beliau
s.a.w. bertanya: "Siapakah yang memiliki unta jni? Siapakah yang mempunyai
unta ini?" Lalu datanglah seorang pemuda dari golongan sahabat Anshar dan
ia berkata: "Ini adalah kepunyaan saya, ya Rasulullah." Beliau s.a.w. lalu
bersabda: "Tidakkah engkau takut kepada Allah dalam memelihara binatang
ini yang telah diserahkan oleh Allah untuk menjadi milikmu. Unta itu
mengadu kepada saya bahwa engkau membiarkannya ia lapar dan membuat ia amat lelah."
Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud sebagaimana riwayatnya al-Barqani.
Ucapannya: dzifrahu, dengan kasrahnya dzal mu'jamah dan Sukunnya fa',
ini adalah lafaz mufrad muannats. Ahlullughah berkata: Adzdzifra ialah tempat
yang berpeluh dari unta yang terletak di belakang telinga. Adapun tud-ibuhu

artinya ialah engkau membuatnya sangat lelah.


965. Dari Anas r.a., katanya: "Kita semua apabila turun di suatu tempat
pemberhentian, maka kita tidak akan bertasbih dulu -maksudnya tidak
melakukan shalat sunnah dulu - sehingga kita lepaskan beban-beban itu - dari
punggung unta."
Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dengan isnad menurut syaratnya Imam Muslim.
Ucapannya: Ia nusabbihu artinya ialah kita tidak bersembahyang sunnah dulu,
sedang maksudnya ialah bahwa sekalipun kita gemar sekali melakukan shalat,
namun demikian kita tidak akan men-ahulukan melakukannya sebelum
menurunkan beban-beban itu dari punggung binatang serta
mengistirahatkannya.