Sunnahnya Sujud Syukur Ketika Mendapatkan Kenikmatan Yang Nyata Atau Terhindar Dari Bencana Yang Nyata

1156. Dari Sa'ad bin Abu Waqqash r.a., katanya: "Kita semua keluar dengan
Rasulullah s.a.w. dari Makkah menuju Madinah. Ketika kita sudah berada di
dekat 'Azwara', beliau s.a.w. lalu turun -dari kendaraannya, kemudian
mengangkat kedua tangannya terus berdoa kepada Allah sesaat, selanjutnya
lalu turun untuk bersujud, kemudian berdiam diri agak lama, kemudian
berdiri mengangkat kedua tangannya sesaat lalu turun untuk bersujud lagi
dan ini dilakukan sampai tiga kali. Beliau s.a.w. lalu bersabda: "Sesungguhnya
saya bermohon kepada Tuhanku supaya dapat memberikan syafaat kepada
ummatku, lalu Tuhan memberikan padaku sepertiga dari ummatku itu.
Kemudian saya turun untuk bersujud karena menyatakan kesyukuran kepada
Tuhanku. Selanjutnya saya mengangkat kepalaku lalu saya bermohon lagi pada
Tuhanku untuk ummatku, kemudian Tuhan memberikan kepadaku sepertiga
ummatku lagi, lalu saya turun pula untuk bersujud kepada Tuhanku karena
menyatakan kesyukuran kepada Tuhanku. Se-terusnya saya mengangkat
kepalaku sekali lagi, lalu saya bermohon kepada Tuhanku untuk ummatku,
kemudian memberikan pula sepertiga yang terakhir, maka saya turun untuk
bersujud kepada Tuhanku." (Riwayat Abu Dawud)