MEMENUHI PERJANJIAN DAN MELAKSANAKAN JANJI

Allah Ta'ala berfirman:

"Dan penuhilah perjanjian, karena sesungguhnya perjanjian itu akan ditanyakan." (al-lsra': 34)

Allah Ta'ala berfirman lagi:

"Dan penuhilah perjanjian terhadap Allah, jikalau engkau semua menjanjikannya." (an- Nahl: 91)

Allah Ta'ala juga berfirman:

"Hai sekalian orang-orang yang beriman, penuhilah janji-janji itu." (al-Maidah: 1)

Allah Ta'ala berfirman pula:

"Hai sekalian orang-orang yang beriman, mengapa engkau semua mengucapkan apa-apa yang
tidak engkau semua kerjakan? Besar sekali dosanya di sisi Allah jikalau engkau semua mengucapkan
apa-apa yang tidak engkau semua kerjakan itu." (as-Shaf: 2-3)

687. Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda:

"Tandanya orang munafik itu ada tiga,yaitu: jikalau ia berbicara berdusta, jikalau ia
berjanji menyalahi dan jikalau ia dtpercaya berkhianat." (Muttafaq 'alaih)

la menambahkannya dalam riwayat Imam Muslim: "Sekalipun orang itu berpuasa
dan bersembahyang dan mengaku bahwa dirinya adalah seorang Muslim."

688. Dari Abdullah bin 'Amr bin al-'Ash radhiallahu 'anhuma bahwasanya Nabi s.a.w. bersabda:

"Ada empat perkara, barangsiapa yang empat perkara itu semuanya ada di dalam
dirinya, maka orang itu adalah seorang munafik yang murni - yakni munafik yang sebenar-
benarnya - dan barangsiapa yang di dalam dirinya ada satu perkara dari empat perkara
tersebut, maka orang itu memiliki pula satu macam perkara dari kemunafikan sehingga ia
meninggalkannya, yaitu: jikalau dipercaya berkhianat, jikalau berbicara berdusta, jikalau
berjanji bercidera - yakni tidak menepati - dan jikalau bertengkar maka ia berbuat kecurangan
- yakni tidak melalui jalan yang benar lagi." (Muttafaq 'alaih)

Keterangan:

Nifaq atau kemunafikan adalah suatu sifat yang ada di dalam hati manusia dan tidak
dapat diketahui oleh orang lain. Kemunafikan adalah suatu penyakit rohani yang tidak dapat
disembuhkan kecuali oleh orang itu sendiri. Kita dapat mengetahui seseorang itu dihinggapi
oleh penyakit kemunafikan, hanyalah semata-mata dari tanda-tandanya yang lahiriyah
belaka.

Apakah kemunafikan itu? Kemunafikan ialah menunjukkan di luar sebagai seorang
Muslim yang benar-benar keislaman dan keimanannya, tetapi dalam hatinya adalah
sebaliknya. Orang munafik itu hakikatnya adalah orang yang memusuhi Agama Islam,
menghalang-halangi perkembangan dan kemajuan Islam, tidak ridha dengan kepesatan dan
keluhuran Islam dan dengan segala daya-upaya hendak mematikan Agama Islam. Itulah
yang terkandung dalam hatinya yang sebenar-benarnya. Hanya tampaknya saja ia sebagai
pemeluk Islam yang setia. Bagi Islam orang munafik itu adalah sebagai musuh dalam selimut.
la menggunting dalam lipatan atau menohok kawan seiring dari belakang. Besar benar
bahayanya kaum munafik itu terhadap Islam dan kaum Muslimin. Oleh sebab itu Allah
menjanjikan siksa yang pedih kepada kaum munafik itu dengan firmannya:

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu ada di dalam tingkat terbawah dari neraka."

Oleh sebab tidak seorangpun yang mengetahui isi hati seseorang, maka oleh
Rasulullah s.a.w. diuraikan tanda-tandanya kemunafikan, yaitu ada empat macam perkara.
Dijelaskan oleh beliau s.a.w. bahwa barangsiapa yang memiliki empat macam perkara itu
keseluruhannya, maka ia benar-benar dapat digolongkan dalam kelompok kaum munafik
yang tulen atau murni, bagaikan emas kemunafikannya sudah 24 karat. Tetapi apabila hanya
satu perkara saja yang dimilikinya itu, maka ia telah dihinggapi satu macam penyakit
kemunafikan tersebut.

Adapun empat perkara itu ialah:

1. Jikalau berbicara berdusta.

2. Jikalau berjanji tidak menepati.

3. Jikalau bertengkar atau bertentangan dengan seseorang, lalu berbuat kejahatan.

4. Jikalau membuat sesuatu perjanjian lalu merusakkan atau membatalkannya sendiri
yakni tidak mematuhi isi perjanjian itu dengan sebaik-baiknya.

Dalam Hadis sebelumnya disebutkan bahwa salah satu sifat kemunafikan ialah:
Jikalau dipercaya lalu berkhianat. Penyakit kemunafikan itu tetap berjangkit dalam diri
seseorang selama sifat-sifat buruk di atas (lima macam) tidak ditinggalkan, sekalipun orang
tersebut mengerjakan shalat, puasa serta mengaku bahwa dirinya adalah manusia Muslim.

Amat sederhana sekali tampaknya sifat-sifat kemunafikan yang banyaknya empat atau
lima macam di atas itu,tetapi bahayanya amat besar sekali. Oleh sebab itu, selama masih ada
satu penyakit kemunafikan itu menghinggapi seseorang, maka tetap ia dapat dianggap
sebagai orang munafik, jikalau penyakitnya itu tidak dilenyapkan sendiri, sekalipun taraf
kemunafikannya masih rendah.

Jadi kemunafikan seseorang itu dianggap tinggi atau rendah, murni atau tidak, hal itu
tergantung kepada banyaknya sifat kemunafikan yang dimiliki olehnya. Jelasnya
kemunafikannya itu dapat 20%, 40%, 60%, 80% atau 100% yakni tulen dan murni.

Semoga kita semua dihindarkan dari sifat kemunafikan ini selama-lamanya.

689. Dari Jabir r.a., katanya: "Nabi s.a.w. bersabda kepada saya: "Andaikata harta dari
daerah Albahrain itu benar-benar telah tiba, tentulah saya akan memberimu sekian, sekian
dan sekian."

Tetapi harta dari Albahrain itu tidak pernah datang sampai Nabi s.a.w. wafat.

Kemudian setelah harta dari Albahrain itu datang, Abu Bakar r.a. menyuruh supaya
diserukan: "Barangsiapa yang di sisi Rasulullah s.a.w. mempunyai suatu janji atau hutang,
maka hendaklah datang ke tempat kami." Saya lalu mendatangi Abu Bakar r.a., dan saya
berkata: "Sesungguhnya Nabi s.a.w. pernah bersabda kepada saya demikian, demikian." Abu
Bakar r.a. lalu memberikan kepada saya suatu pemberian, kemudian saya menghitungnya,
tiba-tiba jumlahnya itu ialah limaratusdirham dan Abu Bakar r.a. berkata: "Ambillah dua
kalinya itu lagi." (Muttafaq 'alaih)

Riyadhus Shalihin – Taman Orang-orang Shalih