Ucapan Yang Dapat Digunakan Untuk Mendoakan Orang Sakit

898. Dari Aisyah radhiallahu 'anha bahwasanya Nabi s.a.w. itu apabila
ada seseorangyang mengeluh karena ada sesuatu yang dirasa sakit pada dirinya
atau ada luka, kecil atau besar, maka Nabi s.a.w. berdoa dengan menggunakan
jari tangannya sedemikian. Sufyan bin 'Uyainah yang meriwayatkan Hadis ini
menunjukkan cara menggunakan jari itu, yakni telunjuknya diletakkan di
bumi laludiangkat dan di waktu meletakkan itu mengucapkan - yang artinya:
''Dengan menyebut nama Allah, ini adalah tanah bumi kita, di-campur
dengan ludah sebagian dari kita, dengannya dapat di-Sembuhkan orang sakit
di antara kita, dengan izin Tuhan kita."
899. Dari Aisyah radhiallahu 'anha pula bahwasanya Nabi s.a.w. pada suatu
waktu meninjau setengah dari keluarganya yang sakit. Beliau s.a.w. mengusap
dengan tangannya yang kanan dan mengucapkan - yang artinya: "Ya Allah,
Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah kesukaran - yakni penyakit - ini.
Sembuhkanlah, Engkau sajalah yang dapat menyembuhkan. Tiada kesembuhan
kecuali kesembuhan daripadaMu, yakni kesembuhan yang tidak lagi
meninggalkan penyakit." (Muttafaq 'alaih)

900. Dari Anas r.a. bahwasanya ia berkata kepada Tsabit rahima-hullah:
"Sukakah engkau saya beri ucapan mantera-mantera dengan mantera-mantera
yang diberikan oleh Rasulullah s.a.w.?" la menjawab: "Baiklah." Anas
mengucapkan - yang artinya: "Ya Allah, Tuhan sekalian manusia, yang dapat
melenyapkan kesukaran -penyakit. Sembuhkanlah, Engkau sajalah yang dapat
menyembuhkan. Tiada yang kuasa menyembuhkan kecuali Engkau, suatu
kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit." (Riwayat Bukhari)
901. Dari Sa'ad bin Abu Waqqash r.a., katanya: "Saya ditinjau oleh
Rasulullah s.a.w. - waktu ia menderita sakit - lalu beliau s.a.w. mengucapkan -
yang artinya: "Ya Allah, sembuhkanlah Sa'ad, ya Allah, sembuhkanlah Sa'ad,
ya Allah, sembuhkanlah Sa'ad." (Riwayat Muslim)

902. Dari Abu Abdillah yaitu Usman bin Abul 'Ash r.a. bahwasanya ia
mengadu kepada Rasulullah s.a.w. karena adanya suatu penyakit yang
diderita dalam tubuhnya, lalu Rasulullah s.a.w. bersabda padanya:
"Letakkanlah tanganmu pada tempat yang engkau rasa sakit dari tubuhmu
itu, kemudian ucapkanlah "Bismillah" tiga kali, lalu ucapkanlah pula
sebanyak tujuh kali-yang artinya: "Saya mohon perlindungan dengan
kemuliaan Allah dan kekuasaanNya dari keburukannya sesuatu yang saya
peroleh dan saya takutkan." (Riwayat Muslim)
903. Dari Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma dari Nabi s.a.w., sabdanya:
"Barangsiapa yang meninjau orang sakit yang belum waktunya untuk
didatangi oleh ajal kematiannya, lalu orang yang meninjau tadi
mengucapkan untuk yang sakit itu sebanyak tujuh kali, yaitu ucapan - yang

artinya: "Saya mohon kepada Allah yang Maha Agung, yang menguasai 'arasy
yang agung, semoga Allah menyembuhkan penyakitmu, melainkan Allah
akan menyembuhkan orang tadi dari penyakit yang dideritainya."
Diriwayatkan oleh Imam-imam Abu Dawud dan Termidzi dan Termidzi
mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan. Imam Hakim berkata bahwa Hadis
ini adalah shahih menurut syaratnya Imam Bukhari.
904. Dari Ibnu Abbas r.a. pula bahwasanya Nabi s.a.w. masuk ke
tempat A'rab- penghuni pedalaman negeri Arab - untuk meninjaunya-karena
sakit-dan Nabi s.a.w. itu apabila masuk ke tempat orang
sakit untuk meninjaunya, maka beliau mengucapkan - yang artinya:
"Tidak ada halangan apa-apa. Ini sebagai pencuci dosa-dosamu
Insya Allah." (Riwayat Bukhari)

905. Dari Abu Said al-Khudri r.a. bahwasanya Jibril mendatangi Nabi s.a.w.

lalu berkata: "Hai Muhammad, adakah anda sakit?" Beliau s.a.w. menjawab:
"Ya." Jibril lalu mengucapkan - yang artinya: "Dengan nama Allah, saya
memberikan mantera-mantera padamu, dari segala macam bahaya yang
menyakitkan dirimu, juga dari semua hati dan mata yang mendengki. Allah
akan menyembuhkan penyakitmu. Dengan nama Allah, saya memberikan
mantera-mantera padamu." (Riwayat Muslim)

906. Dari Abu Said dan Abu Hurairah radhiallahu 'anhuma bahwasanya
keduanya itu menyaksikan Rasulullah s.a.w. bahwa beliau bersabda:
"Barangsiapa yang mengucapkan - yang artinya: "Tiada Tuhan melainkan
Allah dan Allah adalah Maha Besar," maka ucapannya itu akan dibenarkan oleh
Tuhannya dan Tuhan berfirman: "Tiada tuhan selain Aku dan Aku adalah
Maha Besar." Kemudian jikalau orang itu mengucapkan - yarig artinya: "Tiada
Tuhan melainkan Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutuNya," maka Tuhan
berfirman: "Tiada Tuhan melainkan Aku yang Maha Esa, tidak ada sekutu
bagiKu." Seterusnya apabila orang itu mengucapkan - yang artinya: "Tiada
Tuhan melainkan Allah, bagiNya adalah segenap kerajaan dan baginya pula
segala puji-pujian," maka Allah berfirman: "Tiada Tuhan melainkan Aku,
bagiKu segenap kerajaan dan bagiKu pula segala puji-pujian." Dan jikalau
orang itu mengucapkan - yang artinya: "Tiada Tuhan melainkan Allah dan
tiada daya serta tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah," maka
Allah berfirman: "Tiada Tuhan melainkan Aku dan tiada daya serta tiada
kekuatan melainkan dengan pertolonganKu."
Selanjutnya Rasulullah s.a.w. bersabda:
"Barangsiapa yang mengucapkan semua di atas itu di waktu sakitnya lalu ia
meninggal dunia, maka ia tidak akan dapat dimakan Olehapi neraka."
Diriwayatkan oleh Imam Termidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan.