MENERANGKAN BAHWA SUNNAH HUKUMNYA APABILA KEPADA ORANG YANG MEMINTA IZIN

MENERANGKAN BAHWA SUNNAH HUKUMNYA APABILA KEPADA ORANG YANG
MEMINTA IZIN DITANYAKAN: "SIAPAKAH ENGKAU? SUPAYA MENGUCAPKAN "FULAN"
DENGAN MENYEBUT NAMA DIRINYA YANG MUDAH DIMAKLUMI, BAIK NAMA SENDIRI
ATAU NAMA KUNYAHNYA DAN KEMAKRUHANNYA MENGUCAPKAN:"SAYA" DAN YANG SEUMPAMANYA

871. Dari Anas r.a. dalam Hadisnya yang masyhur mengenai ceritera isra',
katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Kemudian Jibril naik dengan saya ke
langit dunia, lalu ia meminta supaya dibukakan pintu. la lalu ditanya:
"Siapakah ini?" la menjawab: "'Jibril." Ditanya: "Siapakah yang beserta anda?"
la menjawab: "Muhammad." Selanjutnya ia naik lagi ke langit yang kedua,
ketiga, keempat dan seterusnya. la ditanya pada tiap-tiap pintu langit:
"Siapakah ini?" la menjawab: "Jibril." (Muttafaq 'alaih)
872. Dari Abu Zar r.a., katanya: "Saya keluar pada suatu malam dari beberapa
malam, tiba-tiba tampak Rasulullah s.a.w. sedang berjalan sendirian. Saya terus
berjalan di bawah bayangan bulan, lalu beliau s.a.w. menoleh lalu bertanya:
"Siapakah ini?" Saya menjawab: "Abu Zar." (Muttafaq 'alaih)

873. Dari Ummu Hani' radhiallahu 'anha, katanya: "Saya men-datangi Nabi
s.a.w. dan beliau s.a.w. sedang mandi dan Fathimah menutupinya, lalu beliau
bertanya: "Siapakah ini?" Saya menjawab: Ummu Hani'. (Muttafaq 'alaih)
874. Dari Jabir r.a., katanya: "Saya mendatangi Nabi s.a.w. lalu saya mengetuk
pintu, kemudian beliau s.a.w. bertanya: "Siapakah ini?" Lalu saya menjawab:
"Saya." Kemudian beliau mengucapkan: "Saya, saya," seolah-olah beliau
membenci jawapan yang sedemikian itu." (Muttafaq 'alaih)