Bolehnya Seseorang Yang Sakit Mengatakan: "Saya Sakit"

Bolehnya Seseorang Yang Sakit Mengatakan: "Saya Sakit" Atau "Sangat Sakit"
Atau "Panas" Atau "AduhKepalaku" Dan Lain Sebagainya Dan Uraian
Bahwasanya Tidak Ada Kemakruhan Mengatakan Sedemikian Tadi, Asaikan Tidak Karena Timbulnya Kemarahan Dan Menunjukkan Kegelisahan — Sebab Sakitnya Tadi

911. Dari Ibnu Mas'ud r.a., katanya: "Saya masuk ke tempat Nabi
s.a.w. dan beliau di kala itu menderita penyakit panas, lalu saya
memegangnya, kemudian saya berkata: "Sesungguhnya Tuan ini benar-
benar sakit panas yang sangat." Lalu beliau s.a.w. bersabda; "Benar,
sesungguhnya penyakit panas saya ini adalah seperti panas-nya dua orang
di antara engkau semua - yang dijadikan satu." (Muttafaq 'alaih)
912. Dari Sa'ad bin Abu Waqqash r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. datang ke
tempatku untuk meninjau sewaktu saya menderita sesuatu penyakit yang
sangat. Kemudian saya berkata: "Telah sampai padaku penyakit sebagaimana
yang Tuan maklumi ini, sedang saya adalah seorang yang berharta dan tidak ada
yang akan mewarisi harta itu melainkan anak saya perempuan," selanjutnya
disebutkanlah Hadis ini sampai selengkapnya. (Muttafaq 'alaih)

913. Dari Alqasim bin Muhammad, katanya: "Aisyah radhiallahu 'anha
berkata: "Aduh kepalaku." Kemudian Nabi s.a.w. bersabda; "Bahkan sayalah -
yang lebih sangat sakitnya. Aduh kepalaku," selanjutnya disebutkanlah Hadis ini
sampai selengkapnya.(Riwayat Bukhari)