Apa yang Diucapkan Oleh Orang Yang Sudah Putus Harapan Dari Hidupnya — Karena Sakitnya Sudah Dirasa Sangat Sekali Dan Tidak Akan Sembuh Lagi

908. Dari Aisyah radhiallahu 'anha, katanya: "Saya mendengar
Nabi s.a.w. dan beliau s.a.w. sambil menyandarkan dirinya kepadaku,
mengucapkan doa - yang artinya: "Ya Allah, berilah peng-
ampunan padaku, belas kasihanilah aku dan pertemukanlah aku
dengan kawan yang tertinggi - yakni malaikat dan hamba-hamba
yang shalih." (Muttafaq 'alaih)
909. Dari Aisyah radhiallahu 'anha pula, katanya: "Saya melihat Rasulullah Saw.
dan beliau ketika itu sedang menghadapi sakara- tulmaut. Di sisinya ada
sebuah gelas yang berisi air. Beliau s.a.w. memasukkan tangannya ke
dalam gelas kemudian mengusap wajahnya dengan air tadi, !alu
mengucap - yang artinya: "Ya Allah, berilah aku pertolongan untuk
menghadapi kesukaran-kesukaran hendak meninggal dan pula
sakaratulmaut ini." (Riwayat Termidzi)